Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi atau yang akrab dikenal dengna singkatan PPST merupakan ajang bergengsi di dunia kesenian. Kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur ini mendapat sambutan hangat dari sekolah-sekolah. Dalam kegiatan rutin ini, tim PPST SMP Negeri 1 Bondowoso turut berpartisipasi aktif mengirimkan sejumlah siswa terbaik untuk dilombakan.

Karya yang ditampilkan oleh tim PPST SMPN 1 Bondowoso berjudul¬†“Takepe’ (Terjepit)”. Karya ini menceritan tentang seorang anak tukang sunat yang takut untuk disunat sampai pada akhirnya ada sebuah kejadian dimana Si anak tukang sunat ini mau tidak mau harus melakukan prosesi sunat.


Karya bergenre komedi ini sukses menghibur penonton yang menghadiri pertunjukan di gedung Cak Durasim Surabaya. Berkat karya ini pula tim PPST besutan Bapak Rubangi, S. Pd, Prasetyo, S. Pd, Drs. Bambang Purwanto, Nuril, S. Pd serta Ibu Kusuma, S. Pd mendapat peringkat satu piala emas pada kategori Penata Artistik dan Rias Busana Terbaik. Selain itu, tim PPST SMPN 1 Bondowoso juga mendapat meraih 5 Grup Juara Kategori Emas Non Ranking.

Berikut Video Penampilan Tim PPST SMPN 1 Bondowoso 2018